Pertemuan 2
PENGERTIAN & RUANG LINGKUP
KEPRIBADIAN
2
|
Memahami pengertian dan ruang lingkup kepribadian
|
a. Menjelaskan
pengertian kepribadian
b. Menjelaskan
sasaran, dimensi, fungsi dan evaluasi teori kepribadian
|
Pengertian,
perkembangan, sasaran, dan dimensi
kepribadian
a. Pengertian
kepribadian
b. Sasaran
psikologi kepribadian
c. Dimensi-dimensi
teori kepribadian
d. Fungsi
teori kepribadian
e. Evaluasi
teori kepribadian
f. Anggapan
dasar tentang manusia
|
Kuis, ceramah interaktif, diskusi
|
Istilah-istilah yang akan digunakan
Personality
(kepribadian)
Disposition
(watak)/ Character (karakter)
Temperament
(tempramen)
Traits
(sifat)
Habit
(kebiasaan)
Attitude
(Sikap)
PENGANTAR
Psikologi
lahir pada akhir abad ke 18 sebagai ilmu yang memahami manusia seutuhnya, yang
dapat dilakukan melalui pemahaman tentang KEPRIBADIAN
Psi.
Kepribadian melahirkan konsep2, seperti dinamika, pengaturan, pola, model, dan
perkembangan tingkah laku, Ă mengurai komplektisitas tingkah laku
manusia
1. PENGERTIAN KEPRIBADIAN
Menurut
Hall dan Lindzey
teori
kepribadian adalah sekumpulan anggapan atau konsep-konsep yang satu sama lain
berkaitan mengenai tingkah laku manusia.
3
Levels of Personality Analysis
A. like all
others Ă Human nature level
B. like some
others Ă Individual/Group Differences
C. like no
others Ă Individual
Uniqueness Level
A.
HUMAN NATURE LEVEL
·
How
we are “like all others”
·
Dalam
beberapa hal kita sama dengan semua orang
B.
INDIVIDUAL and GROUP DIFFERENCES
·
How
we are “like some others”
·
Dalam
beberapa hal kita sama dengan beberapa / sebagian orang
·
Individual differences refer to ways in which each person is
like some other people (e.g., extraverts, sensations-seekers, high
self-esteem persons)
·
Group differences refer
to ways in which the people of one group differ from people in another group
(e.g., cultural differences, age differences)
C.
INDIVIDUAL UNIQUENESS
·
How
we are “like no others”
·
Individual
uniqueness refers to the fact that every individual has personal and unique
qualities not shared by any other person in the world
·
Dalam
beberapa hal, kita tidak sama dengan semua orang Ă kita adalah pribadi yang unik.
·
Individuals
can be studied nomothetically or ideographically
Dalam mempelajari individu terdapat 2
kaidah yaitu:
I
__ __ __ G __ __ __ __ __ C
·
sesuatu yang unik pada seseorang
·
individual level, study individual
lives in depth, autobiography
Contoh:
|
N
__ __ __ T __ __ __ __ C
·
Mempelajari hal-hal yang umum pada
individu
·
scientific, analytic, common units
Contoh:
|
Kepribadian
Ă’ Kepribadian
Ă ranah
kajian psikologi; pemahaman tingkah laku-fikiran-perasaan-kegiatan manusia,
memakai sistematika, metode, dan rasio psikologi
Ă’ Mempelajari
individu secara spesifik Ă Siapa, apa yg dimilikinya, dan apa yang
dikerjakannya
Ă’
Ă bagian
dari jiwa yang membangun keberadan manusia menjadi satu kesatuan yang tidak
terpecah belah dalam fungsi-fungsinyaĂ
pemahaman dipengaruhi oleh paradigma yang dipakai sebagai acuan.
Gambaran
keseluruhan dari cara individu
bertingkah laku terhadap lingkungan
sekitar, yang terlihat dari
kebiasaan2 berpikir, sikap, minat, & pandangan hidup yang khas & memiliki keajegan.
Organisasi
psikofisik yang dinamis, unik, relatif mantap, berbeda 1 dengan yang lainnya, yang mewarnai atau dipakai seseorang
dalam berinteraksi dgn lingkungan
sosialnya.
“kepribadian
adalah organisasi dinamis dalam
individu sebagai sistem psikho phisis
yang menentukan caranya yang khas dalam menyesuaikan
diri thd lingkungan”.
|
Psiko phisis Ă
Determine
(menentukan) Ă
Penyesuaian diri
terhadap Lingkungan Ă
2.
SASARAN PSIKOLOGI
KEPRIBADIAN
Memperoleh
informasi tentang tingkah laku manusia.
Mendorong
individu untuk hidup secara penuh dan memuaskan.
3.
DIMENSI-DIMENSI TEORI KEPRIBADIAN
1.
__
__ __ __ __ __ __ __ (aspek/unsur2 kepribadian)
aspek-aspek kepribadian yang bersifat
relatif stabil dan menetap, serta yang merupakan unsur-unsur pembentuk sosok
kepribadian.
2. __ __ __ __ __ __ __ __ KEPRIBADIAN
(proses)
yaitu
konsep-konsep tentang motivasi untuk menjelaskan dinamika tingkah laku atau
kepribadian.
3. PERTUMBUHAN & PERKEMBANGAN
KEPRIBADIAN
yaitu aneka
perubahan pada struktur sejak masa bayi sampai mencapai kemasakan,
perubahan-perubahan pada proses yang menyertainya, serta berbagai faktor yang
menentukannya.
4. KONSEP __ __ __ __ __ __ __ __ __ __ __
__ __
yaitu hakikat
gangguan kepribadian atau tingkah laku beserta asal-usul atau proses
perkembangannya
5. Konsep
perubahan tingkah laku (__ __ __ __ __ __ __ __ __ __ __)
|
4.
ANGGAPAN DASAR TENTANG
MANUSIA
1. __ __ __ __ __ __ __ __ __ __ __ __
Tokoh:
|
3. __ __ __
__ __ __ __ __ __ __
Tokoh:
|
2. __ __ __
__ __ __ __ __ __ __ __ __ __
Tokoh:
|
1.
KEBEBASAN – KETIDAKBEBASAN
Ada anggapan bahwa manusia
merupakan makhluk yang bebas berkehendak, mengambil sikap, dan menentukan
arah kehidupannya. Sebaliknya ada anggapan yang berlawanan dengan itu,
bahwa manusia merupakan makhluk yang tidak bebas.
|
Abraham Maslow menganggap
bahwa manusia merupakan makhluk yang bebas.
Freud dan Skinner,
menyatakan bahwa pada dasarnya manusia merupakan makhluk yang perilakunya tidak bebas karena ditentukan oleh
sejumlah determinan.
|
2. RASIONALITAS – IRASIONALITAS
Maslow dan para teoris kepribadian humanistik lainnya beranggapan bahwa manusia merupakan makhluk
yang perilakunya digerakkan oleh faktor-faktor yang rasional.
|
Freud menganggap bahwa manusia merupakan makhluk yang cenderung irasional.
Skinner dan para behavioris lainnya tidak begitu terikat pada
anggapan dasar rasional-irasional
|
3.
HOLISME – ELEMENTALISME
Skinner cenderung memandang manusia
secara elementalisme, bahwa perilaku manusia dapat dipelajari
sebagian-sebagian. Hal demikian juga diperkuat dengan pendapatnya bahwa
kepribadian adalah sekumpulan tingkah laku yang dipelajari.
|
Freud dan Maslow manusia
hanya dapat dimengerti bila dilihat dan dipelajari sebagai totalitas.
|
4. KONSTITUTIONALISME
– ENVIRONMENTALISME
K______________________________E
merupakan pandangan yang menyatakan bahwa kepribadian
seseorang ditentukan oleh faktor-faktor yang sudah dimiliki sejak lahir atau
faktor bawaan.
|
E_________________________________E
menganggap bahwa kepribadian seseorang ditentukan oleh
faktor-faktor yang berasal dari lingkungannya.
|
Freud dengan teori mengenai naluri yang
bersifat bawaan, termasuk teoris kepribadian konstitusionalis
|
Maslow dengan teori kebutuhan
bertingkatnya. Namun komitmen Maslow pada konstitusionalisme ini tidak sekuat
Freud
|
Skinner dan para
behavioris lainnya beranggapan bahwa perilaku manusia merupakan hasil belajar
dari lingkungannya
|
5.
BERUBAH – TIDAK BERUBAH
Anggapan
dasar berubah – tak berubah mempersoalkan berubah tidaknya kepribadian individu
sepanjang hidupnya.
Freud sebagai penganut determinisme, beranggapan bahwa kepribadian
individu ditentukan oleh pengalaman masa kanak-kanak awal dan tidak akan
berubah sepanjang hidup individu.
|
|
6. SUBJEKTIVITAS
– OBJEKTIVITAS
Anggapan
dasar tentang subjektivitas dan objektivitas manusia berkenaan dengan persoalan
apakah perilaku manusia ditentukan oleh ……………………………………………………………………….. atau
faktor-faktor ……………………………………………….yang ……………………………………….
ROGERS,
tokoh psikologi fenomenologi dan
salah satu tokoh psikologi humanistik, menyatakan bahwa dunia batin atau
dunia subjektif individu merupakan penyebab terbesar bagi terjadinya perilaku
individu.
|
FREUD
dan MASLOW berpegang pada anggapan dasar yang
sama dengan Rogers bahwa perilaku manusia bersifat subjektif.
|
SKINNER
menolak pandangan tentang pengalaman
subjektif manusia. Dia lebih menitik beratkan pada tingkah laku yang dapat
diamati dan diukur secara objektif.
|
7. PROAKTIF
– REAKTIF
Pandangan
proaktif-reaktif
menjelaskan sumber penyebab perilaku manusia. Apakah perilaku manusia didorong
oleh faktor-faktor internal atau faktor-faktor eksternal?
Freud
dan Maslow merupakah teoris kepribadian yang
menganggap bahwa perilaku manusia bersifat proaktif, yaitu lebih banyak digerakkan oleh faktor-faktor internalnya.
Menurut
Freud, perilaku manusia didorong
oleh faktor internal yang sebagian
besar berasal dari alam yang tidak disadari.
Maslow, perilaku manusia didorong oleh faktor-faktor internal yang disadari.
|
Skinner
dan para behavioris memandang bahwa perilaku manusia
bersifat reaktif.
Menurut
mereka perilaku manusia merupakan respon terhadap stimulus-stimulus yang datang dari lingkungan.
|
8. HOMEOSTATIS
– HETEROSTATIS
__
O __ __ __ S __ __ __ __ __
Prilaku
manusia dimotivasi oleh:
Misal:
|
H
__ __ __ R __ __ __ __ __ __ S
Prilaku
manusia dimotivasi oleh:
|
FREUD
|
MASLOW
|
SKINNER menolak kedua konsep motivasi
tersebut. Bagi Skinner, perilaku manusia disebabkan oleh stimulus-stimulus
yang datang dari luar dirinya dan bukan kerena motivasi.
|
9. DAPAT
DIKETAHUI – TIDAK DAPAT DIKETAHUI
Freud
berpandangan bahwa manusia dapat
diketahui sepenuhnya melalui metode ilmiah karena perilaku manusia berlangsung
berdasarkan hukum-hukum alam.
Skinner
menyatakan bahwa melalui observasi-observasi yang sistematis dapat diperoleh
pengetahuan yang memadai tentang manusia.
Menurut Maslow manusia tidak bisa diketahui
sepenuhnya meskipun dengan upaya-upaya ilmiah.
KEBEBASAN
>< KETIDAKBEBASAN
ISLAM
|
|
PSIKOANALISA
|
|
BEHAVIORISTIK
|
|
HUMANISTIK
|
|
RASIONALITAS
MANUSIA?
|
|
|
|
|
|
|
|
HOLISME
>< ELEMENTALISME
|
|
|
|
|
|
|
|
BAWAAN >< LINGKUNGAN
|
|
|
|
|
|
|
|
BERUBAH >< TIDAK BERUBAH
|
|
|
|
|
|
|
|
SUBJEKTIF >< OBJEKTIF
|
|
|
|
|
|
|
|
PROAKTIF >< REAKTIF
|
|
|
|
|
|
|
|
Home
Assignment for next week….
|
0 komentar:
Posting Komentar