keterampilan moral pada anak

by 23.06 0 komentar

KETRAMPILAN MORAL PADA ANAK

Materi Siaran Radio Trijaya FM (3 September 2008)

Ketrampilan moral pada anak lebih efektif diajarkan dengan cara modeling atau peniruan. Nilai-nilai moral yang ingin ditanamkan pada anak terlebih dahulu harus dicontohkan oleh orangtua. Orangtua harus dapat memberi contoh bentuk-bentuk perilaku yang baik pada anak dan mulai menegakkan nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan sehari-hari contohnya mencontohkan cara sholat, mencontohkan cara berdoa sebelum makan, sesudah makan dll.

Untuk kepentingan pengembangan ketrampilan moral pada anak, orangtua dan orang-orang dewasa disekitar anak harus menghindari melakukan hal-hal buruk karena anak akan mudah menyerap nilai-nilai yang berkembang dilingkungannya.

Sejak usia dini anak juga harus diajarkan untuk memecahkan konflik agar ia mampu mandiri untuk dirinya sendiri maupun lingkungan sosialnya. Tuntunan perilaku yang baik dari orangtua sejak dini akan mengarahkan anak menjadi pribadi yang stabil.

Dalam mengarahkan perilaku anak orangtua tidak boleh mengintervensi anak, cara terbaik dalam mengarahkan perilaku anak ialah memberitahu anak resiko atau konsekuensi dari perbuatannya sehingga anak akan belajar bertanggungjawab contohnya

bila anak ingin melakukan sesuatu yang menurut kita akan membahayakan anak, kita bisa memberikan penjelasan kepada anak sesuai bahasa yang dipahami oleh anak, misalnya anak ingin memanjat pohon, kita bisa melarang dengan cara “adek boleh manjat pohon tapi nanti kalau adek jatuh trus kakinya luka dan berdarah jangan nangis ya..apalagi kalau harus dibawa kerumah sakit…”

SOLUSI :

  • Beri contoh perilaku yang ingin diterapkan pada anak
  • Sebisa mungkin orangtua tidak menjuluki anak dengan kata-kata negatif seperti anak nakal, anak malas, bodoh dll.
  • Jelaskan resiko atau konsekuensi dari setiap perbuatan yang ingin dikerjakan anak

Dewi Handayani

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Posting Komentar